Rabu, 17 April 2013

Apa yang perlu kita lakukan menjelang Ujian Nasional?


Halo kalian para calon muda-muda yang berhasil :)

Bagaimana kabar kalian saat ini? Sebentar  lagi kalian akan menghadapi hari yang penting dalam hidup kalian. Hari yang tidak akan kalian lupakan selama hidup kalian. hari yang menentukan berhasil atau tidaknya kalian mengecap pendidikan selama 3 tahun yang begitu indah. Kurang adil memang jika selama 3 tahun usaha kalian hanya terbayarkan oleh 4 hari yang terkadang bagi kita sebaga imomok yang begitu  menyeramkan.Tapi memang inilah kenyataannya.kita harus menghadapinya  dengan penuh rasa optimis bahwa kita dapat menakhlukkan 4 hari itu. Kita harus yakin bahwa kita akan berhasil. 
Nah ini sedikit tips yang mungkin bisa kalian cobasaat kalian akan menghadapi Ujian Nasional itu. Dan ini hanya menurut pengalaman saya dan teman-teman saya saat saya berada pada keadaan seperti kalian.

1. Pertama, yakinkan diri kalian. Beri semangat pada diri kalian, tekadkan niat kalian bahwa kalian akan berhasil.
2. Jangan lupa selalu belajar materi-materi yang masuk kisi-kisi Ujian Nasional. Tidak perlu belajar yang muluk-muluk, kasian otak kalian.
3. Selalu berdoa pada Tuhan, itu yang terpenting. Usaha tanpa doa semua akan sia-sia. Dekatkan diri kalian pada Tuhan, mohon kelancaran dan kemudahan dalam menghadapi ujian nasional.Untuk kalian yang beagama Islam kalau bisa sering-seringlah sholat malam dan puasa senin kamis.Itu obat yang paling mujarab.Untuk kalian yang beragama non Islam, sering-seringlah ke tempat beribadah
4. Jaga kondisi badan, itu juga hal penting. Pastikan tubuh fit saat akan menghadapi ujian nasional karena jika tidak sehat maka konsentrasi kita dalam mengerjakan soal akan berantakan dan akhirnya akan membuat kita menyesal nantinya. Bila perlu minumlah vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh, konsumsi sayur dan minum air putih yang banyak.
5. Inijuga hal penting yaitu persiapkan alat-alat tulis yang dibutuhkan saat ujian. Pensil, penghapus, penggaris ujian, alas ujian atau yang lain yang sekiranya dibutuhkan. Pastikan pensil yang digunakan dapat terbaca oleh computer dengan cara menggunakan pensil tersebut pada tryout / latihan ujian nasional. Jadi kita tahu apakah pensil yang kita gunakan dapat terbaca oleh computer.
6. Bawa juga atribut ujian nasional seperti identitas diri dan kartu ujian agar tidak tertinggal maka siapkan malam hari sebelum ujian.
7. Persiapkan juga seragam sekolah yang akan dikenakan esok hari. Agar pada saat ujian terlihat rapi dan bersih. Itu juga menjadi penilaian dari pengawas ujian secara personalitasnya.
8. Ingat! Malam sebelum ujian nasional, pastikan tidur lebih awal agar besok bisa bangun lebih pagi untuk mengulang rumus-rumus atau cara cepat dalam mengerjakan ujian nasional. Jangan tidur larut, agar tidak mengantuk pada saat mengerjakan ujian.
9. Nah, saatnya tiba hari-hari yang ditunggu yaitu hari Ujian Nasional. Datanglah lebih awal, paling lambat 15 menit sebelum ujian dimulai.
10. Jangan lupa sarapan, agar konsentrasi dan keadaan tubuh kalian sehat dan fit 100%
11. Mintalah restu kedua orangtua kalian dan keluarga kalian agar kalian bias mengerjakan dengan lancar. Doa mereka akan terkabul. Insya Alloh
Okee, mungkin itu tips dari sekian banyak tips yang disarankan sebelum kita mengahadapi Ujian Nasional. Berkonsentrasilah pada soal yang sedang kalian hadapi, jangan memikirkan yang lain. Yakin bahwa kalian berhasil dalam menghadapinya.Berikan yang terbaik untuk diri kalian, kedua orangtua, dan orang-orang yang selalu membanggakan kalian.Jangan kecewakan kepercayaan mereka pada kalian.Aku yakin kalian akan berhasil. GOOD LUCK !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar